Rabu, 26 Februari 2014

masalah laptop lemot

Penyebab Laptop Atau PC Menjadi Lambat itu sangatlah beragam. Tentu kita sebagai pemilik harus benar benar mengetahui penyebab dari kondisi tersebut dan tentunya bisa mencari jalan keluar yang cepat untuk menyelesaikan masalah tersebut. Penyebab dari maslaah tersebut bisa di sebabkan karena ulah manusia itu sendiri dan juga beberapa faktor yang mungkin kita sendiri kurang di mengerti. Kadang kita sering kesal apabila komputer kita lambat atau lemot, dan anda kebingungan untuk bisa mengatasinya dan tentunya harus bolak balik ke tukang servis yang membuat kita juga tentunya tertekan akan hal tersebut.

Terlalu banyak program saat startup
Startup merupakan program yang aktif dengan sendirinya ketika laptop baru pertama kali dinyalakan, semakin banyak program maka akan semakin lambat loading dari laptop kalian. Untuk mengetahuinya, kalian bisa masukan msconfig pada menu Run.

Laptop terlalu panas
Laptop yang kepanasan bisa menyebabkan kinerja dari laptop tersebut menjadi lambat, biasanya hal ini terjadi karena kerja laptop yang begitu berat. Untuk mengatasinya, kalian bisa menggunakan coolingpad untuk membantu laptop tetap dingin.

Terserang virus
Pasti banyak diantara kalian yang sudah mengetahui hal ini, virus bisa menjadi penyebab utama laptop kalian menjadi lambat.

Terlalu banyak antivirus
Antivirus merupakan perlindungan yang penting untuk laptop kalian, namun jika kalian terlalu banyak menggunakan antivirus, hal tersebut dapat membuat laptop menjadi lambat. Pilih 1 antivirus yang kalian percaya, yang penting kalian rajin meng-update antivirus tersebut.

Masalah pada hardisk
Karena laptop sering dibawa bepergian, pasti banyak hal yang terjadi pada laptop kalian seperti terguncang, terbentur, dan sebagainya. Hal tersebut dapat membuat hardisk badsector, sering meng-install dan uninstall program juga bisa membuat hardisk terganggu.

Kekurangan memori
Memori sangat berpengaruh terhadap kinerja laptop, bisa jadi ini adalah masalah utama mengapa kinerja laptop kalian menjadi lambat. Pastikan kalian menggunakan OS yang sesuai dengan kemampuan memori laptop kalian.

Terlalu banyak program
Terlalu banyak program bisa membuat laptop kalian menjadi lambat, apalagi program yang berjalan secara realtime seperti antivirus, firewall, dan sebagainya. Disarankan untuk menyimpan program yang penting dan kalian perlukan saja.

10 Cara Mempercepat Kinerja Windows 7. Cara ini saya rangkum dari berbagai sumber dan sebagian menurut pengalaman saya sendiri. Menurut saya pada saat ini sebagian besar pengguna komputer, baik itu PC maupun laptop, menggunakan Operating System (OS) terbaru buatan raksasa software Microsoft yakni Microsoft Windows 7. Sebelum membahas lebih jauh, beberapa hal yang harus agan perhatikan dalam menginstall OS yang satu ini, karena pada dasarnya, Windows 7 memiliki tingkat kecepatan dan kinerja yang lebih baik plus dukungan interface yang bagus, dibanding OS sebelumnya. Beberapa hal yang meski diperhatikan adalah pastikan hardware PC atau Laptop kamu mendukung sistem minimum yang diperlukan untuk instalasi Windows 7, diantaranya :

Processor 2 GHz DualCore
RAM DDRII 1 GB
Harddisk 20 GB


Jika spake hardware sudah memenuhi persyaratan di atas lakukan Install OS Windows 7, dan perhatikan 10 langkah di bawah ini untuk lebih mempercepat lagi kinerja Windows 7 pada PC atau Laptop agan tanpa bantuan software lain,
1. Hapus Program Yang Tidak Penting
Perhatikan program yang tidak penting atau yang tidak pernah agan pakai yang terinstall dalam PC atau Laptop agan, hapus program tersebut karena program itu akan memakan resource agan, baik di harddisk maupun RAM, uninstall saja dengan cara :
klik [Start] klik [Control Panel] klik [Uninstall a Program] hapus program.
2. Defragment Harddisk
Defragment Harddisk dilakukan untuk memperbaiki harddisk ‘fragmented’ atau ‘fragmentasi’. Ini disebabkan PC atau Laptop terlalu sering diinstall atau uninstall program. ‘Fragmented’ atau ‘fragmentasi’ harddisk menimbulkan kinerja PC atau Laptop menurun karena Fragmentasi pada harddisk membuat PC atau Laptop bekerja extra keras, karena harddisk mencari data/file/program di lokasi yang terpencar-pencar.
Defragment Harddisk bisa anda lakukan dengan cara :
klik [Start] klik [All Program] klik [Accessories] klik [System Tools] klik [Disk Defragmenter] lakukan Defragment Harddisk pada semua driver PC atau laptop agan.
3. Kurangi Program Yang Bekerja Pada StartUp
Aplikasi yang bekerja pada waktu StartUp Windows akan secara berjalan secara otomatis saat PC atau Laptop dinyalakan. Itu artinya komputer membutuhkan waktu tambahan untuk membuka program-program tersebut di background. Padahal tidak semua aplikasi tersebut digunakan, ini berakibat PC atau Laptop agan pada waktu StartUp sangat lambat. Untuk menghilangkan aplikasi yang bekerja pada waktu startup lakukan hal berikut,
klik [Start] klik [Run] ketik [MsConfig] klik [OK] klik [Startup] hilangkan centang yang ga penting, klik [OK] restart PC atau Laptop.
4. Backup Font Yang Tidak Digunakan
Font/Huruf yang terinstall di PC atau Laptop umumnya mencapai angka ribuan. Pertanyaannya, berapa persen sih yang sering digunakan? Kecuali agan sering bermain di aplikasi design grafis, tapi jika tidak maka tentu font-font ini sangat jarang tersentuh. Semua font tersebut akan ter-load oleh Windows 7. Pindahkan/Backup font-font tersebut (yang tidak terpakai), dengan cara :
dari [Control Panel] klik [Appearance and Personalization] pilih [Fonts] buat folder baru untuk backup font yang tidak terpakai, pindahkan font yang tidak terpakai pada folder backup.
5. Buang Data Yang Ga Penting
Data yang tersimpan dalam PC atau Laptop membutuhkan ruang harddsik, sebaiknya semua data-data yang menurut agan rasa ga penting di hapus saja. Karena data-data yang memenuhi harddisk bisa membuat kinerja PC atau Laptop agan menjadi lambat. Jangan lupa buang juga data-data yang berada pada kotak sampah atau recycle bin, temporary folder dan cache internet browser. Periksa dulu sisa ruang harddisk agan dengan cara :
klik [My Computer] pada drive yang akan diperiksa klik kanan dan pilih [Properties] (Used Space/Ruang Yang Terpakai dan Free Space/Yang Masih Kosong atau sisa Ruang Kosong).
6. Kurangi Visual Effect
Kurangi sedikit efek-efek yang kurang penting, atau bahkan hilangkan saja jika rasa mengganggu penglihatan agan. Effect Visual Windows 7 ini sangat berpengaruh terhadap kinerja kecepatan Windows 7. Langkah-langkahnya untuk mengurangi/menghilangkan Visual Effect Windows 7 adalah,
klik [Start] kemudian ketik [System Properties Performance] pada kotak [Search] pilih aplikasi yang muncul. Pilih tab [Visual Effects] hilangkan centang yang agan rasa ga penting, terakhir klik [OK].
7. Periksa Virus pada PC atau Laptop
Saya sarankan agar agan selalu memasang Anti Virus yang selalu terUpdate, apalagi jika agan seorang pengguna Internet, maka sangat wajib Anti Virus terinstall pada PC atau Laptop, dan lakukan Scan PC atau Laptop minimal satu minggu sekali. Karena menurut saya Virus dapat menyebabkan PC atau Laptop menjadi lambat kinerjanya, karena Virus biasanya dipanggil pada saat booting dan tinggal di memory. Bahkan beberapa virus sengaja memenuhi memory agan dan memperlambat kerja PC atau Laptop.
8. NonAktifkan System Index Search
Proses Index oleh Windows 7 bekerja setiap waktu dan memakai sejumlah memori. Terlebih lagi, proses ini membutuhkan space tersendiri di harddisk untuk menyimpan file yang terindeks. Semakin banyak file di dalam komputer maka semakin banyak pula kapasitas penyimpanan yang dibutuhkan. Maka nonaktifkan proses index agar performa Windows 7 agan menjadi lebih baik, dengan cara :
klik [Start] pada kotak [Search] ketik [Services.msc] tekan [Enter] cari [Windows Search] dan pilih [Stop] atau [Disable].
9. Percepat Proses Shutdown
Windows 7 dalam proses shutdown memang sudah cukup cepat, tapi ga ada salahnya jika kita menghendaki yang lebih cepat lagi dari fitur bawaanya, caranya adalah,
klik [Start] ketik [Regedit] pada kotak [Search] tekan [Enter] lalu cari dan buka [HKEY-LOCAL_MACHINE] [SYSTEM] [CurrentControlSet] [Control] bagian kanan klik kanan pada [WaitToKillServiceTimeOut] pilih [Modify] kemudian ubah nilai defaultnya menjadi lebih kecil untuk mempercepat. Klik [OK]
10. Kurangi Service Yang Tidak Diperlukan
Me-nonaktifkan service yang tidak diperlukan dapat meningkatkan kecepatan booting system PC atau Laptop. Berikut diantaranya beberapa service yang saya rasa anda perlu menon-aktifkannya, karena sangat berpengaruh pada kecepatan PC atau Laptop agan, diantaranya :

Application Experience;
Diagnostic Policy Service;
Distributed Link Tracking Client;
IP Helper;
Offline Files;
Portable Device Enumerator Service;
Protected Storage;
Secondary Logon;
Security Center;
Tablet PC Input Service;
TCP/IP NetBIOS Helper;
Windows Error Reporting Service;
Windows Media Center Service Launcher.

Langkahnya untuk menon-aktifkan Service tersebut,

Laptop Toshiba Satellite C800 Lemot Banget
Ini merupakan pengalaman yang saya peroleh ketika laptop Toshiba Satellite C800 lemot banget. Bukan maksud mendiskreditkan merek tertentu, namun hanya sekedar “curhat” bahwa saya ketiban sial. Ceritanya begini:

Bulan April 2013 lalu, saya membeli sebuah laptop dan jatuh pilihannya kepada merk Toshiba yang cukup terkenal di Indonesia. Selain harga yang ditawarkan cukup murah (sekitar 4 jutaan), spesifikasi Toshiba Satellite C800 1014 yang ada cukup buat saya, dengan spesifikasi:

Processor Type : Intel DualCore B980-2.30 Ghz
Chipset : Intel M65
Display VGA : Intel HD 3000
Size Display : 14.” WXGA LED
Max Resolution : 1366 x 768
Memory : 2 GB DDR3 SODIMM PC-10600 up-to 4 GB
Network Ethernet: 10 / 100 / 1000 Mbps
Network Wireless: IEEE 802.11b, IEEE 802.11g, IEEE 802.11n
Bluetooth : Bluetooth v3.0 + HS
Hard Disk Drive Storage: 500 GB Serial ATA 5400 RPM
Optical Disk Drive: DVD±RW SuperMulti DL
Operating sytem: DOS
Card Reader: SD, MMC, Memory Stick / Stick PRO
Port: 3x USB 2.0, 1 x USB 3.0, VGA, HDMI, LAN, Audio,WebCam
Battery : Rechargeable 6 cell Lithium-Ion Battery
Adapter: External AC Adapter
Speaker Type : Integrated Stereo Speakers
Weight : 2.23 kg laptop only

Laptop Toshiba Satellite C800 Lemot

Setelah instal OS Windows 7 dan software-software pendukung lainnya, segera laptop mulai bekerja. Sebenarnya laptop ini ingin saya khususkan untuk tugas kegiatan operator Dapodik sekolah agar lebih praktis.

Beban kinerja laptop sebenarnya nggak terlalu berat, tugas-tugas operator Dapodik hanya pengetikan dan upload data via internet dan hard disk 500 Gb hanya digunakan nggak sampai 10 persen saja, itu pun lebih banyak untuk OS dan aplikasi. Waktu operasional hanya beberapa jam saja dan hampir-hampir banyak “tidur” saja.

LAPTOP DELL INSPIRON 1440 CORE2DUO LEMOT
Assalamualaikum
bismillahirohmanirohim
dear agan-agan..

Setelah membuat blog sinau online seharian akhirnya saya stop karena kecapekan. memang saya harapkan blog ini bisa buat sinau bareng. Setelah istirahat sebentar ada temen kantor minta bantuan buat benerin laptop sebab laptopnya lemot alias lambat alias lambret alias alay. hayah gak selesai-selesai nanti
laptop lambat sebab avira running dan membabat virus masupun sistem

kemudian layaknya dokter saya tanya gejalanya :
pasien : mas minta tolong laptopku diperbaiki.
Dr laptop : kenapa mbak?
pasien : lambat banget. mungkin banyak virusnya. buat gak usah pakai password ya biar gak ribet.
Dr laptop : bisa jadi itu. coba saya liat dulu ya.
kemudian otak-atik. buka laptop dell inspiron yang udah terinstal window xp.ternyata ada antivirus avira yang running terus.
setelah antivirus avira selesai scan. kemudian dokter laptop mencoba mengatasi masalah yang mudah. menghilangkan pasword. "wah ini mudah" pikirnya "tinggal buka control panel trus cari user acount cari acount masuk tinggal delete password dech".
setelah berfikir seperti itu kemudian dokter cari control panel udah ketemu eh ada masalah baru ternyata control panel gak ada isinya. waduhhhhhhhhhhhh..mulai pusing tetapi harus tetap tenang..
pasien : gimana mas?
Dr laptop : wah ni data diregedit dimakan avira semua mbak. dibuka run klik regedit gak bisa.
pasien : terus gimana?
Dr laptop : diinstal aja
pasien : datanya ilang gak mas.
Dr laptop :kalau yang di C ya ilang
pasien : wah data penting ik mas..
Dr laptop :yaudah tak coba dulu aja
kemudian restart dan masuk safe mode
dah masuk safe mode ada login dan minta password
masuk safe mode
Dr laptop : passwornya apa?
pasien : coba ini,coba itu..
tetapi tetep gak bisa
Dr laptop : wah kalau gak tau passwordnya susah mbak..
pasien : yaudah mas tak tinggal dulu ya..


laptop ditinggal sekarang dokter mulai menenangkan fikiran sebab sebagai dokter laptop dituntut menerapkan MPCKI (Mbuh Piye Carane Kudu Iso) dan MPCKD (Mbuh Piye Carane Kudu Dadi ).
terus kemudian masuk
akhirnya menyiapkan segala keperluan untuk bertanya kepada simbah sakti.
koneksi internt, laptop sudah disiapkan kemudian bertemu mbah google. tanya dech disitu..cara bobol password.

ketemu deh...trus di coba...eng....ing....eng...dan berhasil..
cara membobol password windows xp...
1. masuk ke safe mode
2. trus tekan alt+shif+dell sehingga keluar kotak masukkan user dan password
3. user : administrator dan password : kosongin
4. tekan login masuk dech..

setelah masuk safe mode...masuk control panel, add/remove program dan uninstal itu avira..
setelah selesai masuk control panel lagi pilih user acount untuk menghilangkan password.

5 komentar:

  1. semangat berbagi gan. kendala laptop lemot salah satunya karea kualitas hardisk yang sudah tidak bagus lagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. aslamu alaikum wr wb..
      bismillahirrahamaninrahim,,senang sekali saya bisa menulis
      dan berbagi kepada teman2 melalui tempat ini,
      sebelumnya dulu saya adalah seorang pengusaha dibidang property rumah tangga
      dan mencapai kesuksesapossiblen yang luar biasa, mobil rumah dan fasilitas lain sudah saya miliki,
      namun namanya cobaan saya sangat percaya kepada semua orang,
      hingga suaatu saat saya ditipu dengan teman saya sendiri dan membawa semua yang saya punya,
      akhirnya saya menanggung hutang ke pelanggan-pelanggan saya totalnya 470 juta dan di bank totalnya 600 juta ,
      saya sudah stress dan hampir bunuh diri anak saya 3 orang masih sekolah di smp / sma dan juga anak sememtarah kuliah,tapi suami saya pergi entah kemana dan meninggalkan saya dan anaka-naknya ditengah tagihan hutang yang menumpuk,
      demi makan sehari hari saya terpaksa jual nasi bungkus keliling dan kue,
      ditengah himpitan ekonomi seperti ini saya bertemu dengan seorang teman
      dan bercerita kepadanya, alhamdulilah beliau memberikan saran kepada saya.
      dulu katanya dia juga seperti saya setelah bergabung dengan K.H. Tambring Abdullah hidupnya kembali sukses,
      awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama satu minggu saya berpikir
      dan melihat langsung hasilnya, `
      saya akhirnya bergabung dangan mengunjungi website di www.programdanainstan.blogspot.com semua petunjuk K.H. Tambring Abdullah saya ikuti dan hanya 1 hari astagfirullahallazim,
      alhamdulilah demi allah dan anak saya,
      akhirnya 5m yang saya minta benar benar ada di tangan saya,
      semua utang saya lunas dan sisanya buat modal usaha,
      kini saya kembali sukses terimaksih K.H. Tambring Abdullah saya tidak akan melupakan jasa aki.
      jika teman teman berminat, yakin dan percaya insya allah,
      saya sudah buktikan demi allah silakan kunjungi website di www.programdanainstan.blogspot.com atau KLIK DISINI

      Hapus
  2. Tiket Pesawat Murah Online, dapatkan segera di SELL TIKET Klik disini:
    selltiket.com
    Booking di SELLTIKET.COM aja!!!
    CEPAT,….TEPAT,….DAN HARGA TERJANGKAU!!!

    Ingin usaha menjadi agen tiket pesawat??
    Yang memiliki potensi penghasilan tanpa batas.
    Bergabung segera di agen.selltiket.com

    INFO LEBIH LANJUT HUBUNGI :
    No handphone :082276603391
    PIN : 5364257d

    BalasHapus
  3. Assalamualaikum Salam sejahtera untuk kita semua, Sengaja ingin menulis
    sedikit kesaksian untuk berbagi, barangkali ada teman-teman yang sedang
    kesulitan masalah keuangan, Awal mula saya mengamalkan Pesugihan Tanpa
    Tumbal karena usaha saya bangkrut dan saya menanggung hutang sebesar
    1M saya sters hampir bunuh diri tidak tau harus bagaimana agar bisa
    melunasi hutang saya, saya coba buka-buka internet dan saya bertemu
    dengan KYAI SANJAYA, awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama 3 hari
    saya berpikir, saya akhirnya bergabung dan menghubungi KYAI SANJAYA
    kata Pak kiyai pesugihan yang cocok untuk saya adalah pesugihan
    penarikan uang gaib 4Milyar dengan tumbal hewan, Semua petunjuk saya ikuti
    dan hanya 1 hari Astagfirullahallazim, Alhamdulilah akhirnya 4M yang saya
    minta benar benar ada di tangan saya semua hutang saya lunas dan sisanya
    buat modal usaha. sekarang rumah sudah punya dan mobil pun sudah ada.
    Maka dari itu, setiap kali ada teman saya yang mengeluhkan nasibnya, saya
    sering menyarankan untuk menghubungi KYAI SANJAYA Di Tlp 082399986107 atau klik disini
    berikan arahan. Supaya tidak langsung datang ke jawa timur, saya sendiri dulu
    hanya berkonsultasi jarak jauh. Alhamdulillah, hasilnya sangat baik, jika ingin
    seperti saya coba hubungi KYAI SANJAYA pasti akan di bantu Oleh Beliau

    BalasHapus